Sabtu, 23 Januari 2016

RENUNGAN UMUR

 BERSYUKURLAH ATAS AMANAH ALLAH SWT MEMBERIKAN UMUR KEPADA KITA. ______________________________

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْم َنِ الرَّحِيْمِ

🌠Hadist Qudsi menyebutkan : "Sesungguhnya Allah SWT setiap malam mengutus seorang malaikat yang berseru/memanggil generasi berdasarkan usia mereka"

🌠Wahai orang-orang yang berusia 20 tahunan, bekerja keraslah kamu dan bersungguh-sungguhlah untuk mengumpulkan bekal.

🌠Wahai orang-orang yang berusia 30 tahunan, janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu sampai lupa kepada tujuan hidupmu.

🌠Wahai orang-orang yang berusia 40 tahunan, apa yang sudah kamu persiapkan untuk pertemuan dengan Tuhanmu ?

Nah, usia 40 tahun adalah usia untuk merenung apakah kita menyia-nyiakan usia sebelumnya ? Usia 40 tahun, Al-Qur'an menyebutkan bahwa kemuliaan seseorang ditentukan dalam keputusannya ketika usia memasuki 40 tahun.

🌠Mari bersama kita dengungkan firman Allah SWT dalam surat Al-Ahqof, 46:15, sbb :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

🌠Itulah doa orang yang berusia 40 tahunan, yang sudah mengambil keputusan dalam hidupnya. Dimana sisa perjalanan hidupnya memohon kepada Allah agar diberi 3 kekuatan :
1. Untuk bisa mensyukuri segala yang dianugerahkan Allah;
2. Bisa membahagiakan kedua orang tua; dan
3. Mendidik generasi sesudahnya dalam kebaikan seraya memasrahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.              

🌠Dan kita garis bawahi lagi. Orang yang berusia 40 tahunan ini dipanggil Allah SWT dg pertanyaan : "Apakah yang sudah kamu persiapkan untuk pertemuan dengan Tuhanmu ?".                              
🌠Berlanjut generasi 50 tahunan, "Wahai orang-orang yang berusia 50 tahunan, sudah datang pembawa berita kematian kepadamu.

Waktu hidup tinggal sebentar lagi. Allah SWT telah mengirim sinyal-sinyal berupa berkurangnya ketajaman mata untuk melihat, rambut mulai beruban, beberapa penyakit mulai bermunculan, kulit wajah dan kulit seluruh tubuh mulai tampak bentuk ketuaan.

🌠Wahai orang-orang yang berusia 60 tahunan, kamu adalah buah-buahan yang sudah datang musim memetiknya.                      
🌠Wahai orang-orang yang berusia 70 tahunan, sekiranya masih diberi umur, sebetulnya kamu sudah dipanggil dan jawablah panggilan Tuhanmu itu.

🌠Wahai orang-orang yang berusia 80 tahunan, sekiranya juga masih diberi umur, sebetulnya saat kembali sudah datang, sementara kamu lupa dan lalai saat kembali.                      
🌠Akhirnya, marilah kita menjawab panggilan Allah SWT sesuai usia kita masing-masing. Panggilan itu mengingatkan kita semua bahwa akhir dari hidup dan kehidupan adalah kembali kepada Allah SWT, yaitu : KEMATIAN. "Innalillaahhi wa innaailahhi roojiuun"......
.
Wassalamu 'alaikum wr,wb

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Semoga usia kita penuh dengan keberkahan dan kemanfaatan, serta mendapat Ridho Ilahi Robbi. Aamiin YRA.                  
. Semoga bermanfaat. Aamiin.

2 komentar:

Yanie mengatakan...

Masyaa Allah,tulisanya sangat bagus,ini sebagai renungan bagiku,apa yg sdh sy lakukan dan bekal apa yg telah kupersiapkan untuk menghadap Rabbku kelak
Mohon izin copas tulisannya pak
Semoga tulisan bapak sebagai ladang amal jariah buat bapak,Aamiin
Syukron..Jazak Allah Khairan

Ariesnety mengatakan...

Masya Allah Tabarakallah bagus banget makasih ya izin copas ya